Cara Install & Update Driver di Semua Versi Windows Komputer dan Laptop

Cara Install & Update Driver di Semua Versi Windows Komputer dan Laptop
Cara Install & Update Driver di Semua Versi Windows Komputer dan Laptop

Driver adalah perangkat lunak khusus yang memiliki kegunaan untuk menghubungkan sistem antara komputer dan perangkat keras. Driver memiliki peran penting dalam mensupport operasi komputer laptop/komputer. Jika driver ini tidak ada, maka perangkat keras seperti keyboard, mouse, printer, port USB dan lainnya tidak akan berfungsi.

Pada laptop/komputer sudah ada driver default yang diinstal untuk memfasilitasi pengguna untuk mengoperasikannya. Driver umumnya memiliki jenis yang berbeda tergantung pada laptop default.

Misalnya, laptopnya adalah ASUS, jadi driver yang diinstal adalah Asus asli. Driver ASUS ini tidak dapat menggunakan atau menginstalnya dalam merek komputer portabel yang berbeda seperti Acer, HP, Lenovo, Samsung dan merek laptop lainnya.

Secara umum, driver di setiap merek laptop akan disediakan oleh produsen laptop yang dapat di unduh di situs web resminya. Tentu saja, ini gratis, karena driver adalah komponen dukungan penting dari laptop/komputer.

Bagi seorang yang bekerja sebagai teknisi komputer, mempunyai driver yang bisa di install di semua perangkat merupakan hal yang wajib dimiliki, terlepas dari situ, EduTekPedia akan berbagi informasi Bagaimana Mengunduh Driver dan Install nya.

Saat ini, ada banyak website penyedia driver komputer atau laptop, baik yang berbayar atau yang gratos, misalnya Driverpack Solution atau juga Snappy. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Driver Snappy.

Apa itu Snappy Driver?

Snappy Driver Installer adalah aplikasi yang berisi sekumpulan driver untuk berbagai komputer atau laptop. Anda tidak perlu mencari driver Google satu per satu, yang sangat ideal untuk teknisi yang kesulitan menemukan driver setelah menginstal Windows menggunakan aplikasi ini.

Artikel terkait:

Aplikasi Snappy Driver Installer ini memiliki fungsi yang sama dengan DriverPack Solution. Selain itu, jauh lebih baik karena mengetahui perangkat keras dengan cepat dan akurat. Software ini sepenuhnya gratis dan open source, tetapi fitur-fiturnya tidak kalah menarik dari perangkat lunak komersial.

Selain itu, penggunaan resource laptop dan PC untuk menjalankan aplikasi ini sangat rendah. Penggunaannya ramah friendly, sehingga dapat dengan mudah bekerja bahkan dengan pemula sekalipun.

Cara Kerja Snappy Driver

Perbandingan antara Snappy Driver dan DriverPack Solution didasarkan pada kecepatan dan pengaturan program yang diinstal. Snappy Driver Installer tidak otomatis terinstal ketika driver terdeteksi dan tidak ada aplikasi tambahan seperti Driver Pack Solution.

Berikut adalah beberapa petunjuk cara mudah menginstal driver komputer dan laptop berbagai merek menggunakan Snappy Driver Installer.

Persyaratan sistem:

Bisa digunakan pada Windows 2000 | Xp | Lihat | 7 | 8 | 8.1 | 10

Cara Download Snappy Driver

1. Kunjungi Website berikut https://sdi-tool.org/download/ 

2. Di tampilan website resminya ada 2 pilihan, untuk mendownload full pilih SDI Full, namun perlu koneksi dan kouta internet yang banyak, Disini pilih saja Driverpcak Online. Langsung klik Download.

3. Kemudian jika sudah terdownload, langsung jalankan dengan cara klik 2 kali pada aplikasinya.

4. Kemudian install Driver Dengan memilih Download Network Drivers Only, maka secara otomatis Snappy akan mendeteksi driver komputer dan mendownloadnya.

5. Silahkan tunggu proses download selesai.


Demikianlah Cara Install & Update Driver di Semua Versi Windows Komputer dan Laptop. Semoga bermanfaat.